IPSI Kota Batu Raih Pesilat Putri Terbaik BNC I

BATU- Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Batu meraih peringkat kedua kontingen favorit dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat, Batu National Championship (BNC) I tahun 2020 yang digelar di GOR Gajahmada, Kota Batu, Jawa Timur akhir pekan ini.

Sebagai kontingen terfavorit adalah TSPM Jatim di peringkat pertama dan peringkat ketiga adalah Perisai Diri Kab Malang.  IPSI Kota Batu juga mengantarkan pesilatnya, Ananda Zahra Al Faradizah sebagai pesilat terbaik kategori mahasiswa/ dewasa putri dalam laga bergengsi ini.

Sementara pesilat terbaik mahasiswa/dewasa putra diraih oleh Syarif Hidayatullah dari Perisai Diri Universitas Negeri Malang. Dalam kategori SD/MI sederajat, IPSI Kota Batu juga meraih peringkat kedua dengan perolehan 19 medali emas, 25 perak dan 33 perunggu, dibawah TSPM Jatim yang meraih 36  medali emas, 25 perak dan 35 perunggu. Sementara peringkat ketiga diraih oleh Pagar Nusa Surabaya dengan perolehan 16 medali, 12 perak dan 13 perunggu.

Dalam kategori umum SMP/MTS sederajat IPSI Kota Batu juga berada di peringkat kedua dengan Raihan 12 medali emas, 16 medali perak dan 32 medali perunggu. TSPM Jatim tetap menjadi juara dengan meraih 33 medali emas, 27 medali perak dan 50 medali perunggu. Peringkat ketiga diraih oleh Perisai Diri Kabupaten Malang dengan Raihan 7 medali emas, 12 medali perak dan 24 medali perunggu.

Kategori umum mahasiswa dewasa, Pesilat Kota Batu berada di peringkat ketiga setelah meraih 3 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu. Peringkat kedua diraih oleh PSHT Ranting Lamongan dengan perolehan medali sebanyak 4 medali emas dan 1 medali perunggu. Sementara juara dalam kategori ini adalah Team Fighter Lamongan dengan meraih 5 medali emas, 2 perak dan 6 perunggu.

Sementara Juara 1 kategori umum SMA/MA sederajat diraih oleh TSPM Jatim dengan 34 medali emas, 23 medali perak dan 52 medali perunggu. Ranking kedua diraih oleh SMAN 2 Magetan dengan meraih 10 medali emas, 7 medali perak dan 3 medali perunggu.  Peringkat ketiga diraih oleh Perisai Diri Kabupaten Malang dengan 9 medali emas, 7 medali perak dan 26 medali perunggu.

Pesilat terbaik kategori SD/MI sederajat diraih oleh Arya Bima P Ramadhan, pesilat putra dari Bank Atlit PD SDSMPIT Permata Kraksaan sedangkan pesilat putri terbaik SD/MI diraih oleh Citra Kirana Lestari dari Hizzbi Kab Malang.

Laga bergengsi Pencak Silat, Batu National Championship I 2020 resmi dibuka oleh Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si di GOR Gajahmada, Kota Batu, Jumat (31/1/2020).

Ribuan pesilat dari 310 kontingen se Indonesia akan berlaga selama dua hari mulai 31 Januari 2020 hingga 1 Februari 2020. Upacara pembukaan Kejuaraan Nasional yang  memperebutkan Piala Kemenpora ini dihadiri Deputi III Kemenpora, Dr Raden Isnanta, Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK, Wakil Ketua KONI Kota Batu, Lestari SPd MPd.

” Ajang Batu National Championship (BNC) 1 bagi usia dini dapat menjadi motivasi dan ajang melatih keberanian dan untuk pra remaja ajang ini dapat memunculkan bibit-bibit atlet nasional masa depan Pesilat Indonesia,” kata Ketua Panitia, Romy Ardiansyah.

Menurutnya jumlah atlet yang akan berlaga dalam Kejurnas sebanyak 2.363 orang dari berbagai perguruan pencak silat dan sekolah  yang ada di Indonesia. Sementara Ketua IPSI Kota Batu, Muladi mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontingen dan para pihak yang membantu, sehingga kegiatan bisa berlangsung dengan lancer dan sukses. (HMS)